Cara Alami Untuk Menghitamkan Rambut

Diposkan oleh yoganso marta on Monday, 28 April 2014

Manusia yang lahir di dunia dibekali oleh Sang Pencipta dengan rambut yang berbeda- beda. Ada yang lurus, bergelombang, keriting, dan lainnya. Selain bentuknya yang berbeda, warna rambut juga berbeda- beda tiap manusia. Perbedaan warna rambut ini disebabkan oleh faktor RAS dan genetis. Contohnya saja, orang Indonesia pada umumnya berambut hitam, sedangkan orang- orang di Eropa ada yang rambutnya berwarna pirang.

Untuk warna rambut yang dibawa faktor genetis tidak akan saya bahas dalam artikel ini. Yang akan saya bahas adalah bagaimana menghitamkan rambut hitam yang sudah mulai kehilangan kehitamannya (baik karena faktor usia maupun faktor yang lain).



Memang ada cara yang instan untuk menghitamkan rambut, yaitu dengan cat atau pewarna rambut. Namun yang akan saya berikan adalah cara menghitamkan rambut secar alami. Berikut adalah cara- caranya :


1. Menggunakan Buah Alpukat

Buah alpukat selain memiliki rasa yang nikmat untuk dibuat jus, juga dapat digunakan untuk menghilangkan uban ataupun menghitamkan rambut. Caranya yaitu, ambil satu buah alpukat yang telah dihaluskan kemudian dicampur dengan air jeruk. Setelah itu oleskan ramuan atau campuran tersebut ke rambut anda dan tutup dengan topi mandi. Diamkan selama kurang lebih satu jam, lalu bilas dengan air dan shampo.

2. Menggunakan Bunga Sepatu

Bunga sepatu yang terlihat cantik menyimpan sebuah kasiat yang bermanfaat untuk menghitamkan rambut. Cara mengolahnya yaitu rendam tiga sampai empat tangkai bunga sepatu kemudian diremas- remas sampai mengeluarkan lendir. Lendir tersebut kemudian dioleskan pada rambut secar merata. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air dan shampo. 

3. Menggunakan Biji Kemiri

Rempah- rempah yang satu ini cukup mudah untuk kita temukan didapur. Kemiri sudah sejak lama digunakan sebagai bumbu masakan yang mebuat masakan menjadi lebih berasa. Dibalik kebaikan kemiri sebagai bumbu dapur, kemiri juga bisa diolah menjadi ramuan yang mampu menghitamkan rambut. Caranya yaitu, tumbuk beberapa biji kemiri hingga halus. Kemudian, biji yang telah dihaluskan tersebut disangrai sampai mengeluarkan minyak. Minyak yang dikeluarkan biji kemiri inilah yang dioleskan pada rambut secara merata. Diamkan selama 20 menit. Lalu bilas rambut dengan air.

4. Menggunakan Biji Pepaya

Kalau biasanya setelah memakan buah pepaya, anda membuang bijinya, setelah membaca artikel ini, saya harapkan anda lebih mengerti bahwa biji buah pepaya juga memiliki manfaat untuk menghitamkan rambut. Caranya mengolahnya cukup mudah, sediakan beberapa biji buah pepaya, lalu disangrai. Kemudian biji yang telah disangrai tersebut ditumbuk hingga halus.Campur dengan air secukupnya lalu oleskan pada rambut. Diamkan selama 10 menit. Bilas rambut dengan air.

5. Menggunakan Air Teh 

Selain nikmat untuk diminum, air teh menyimpan sebuah kasiat yang dapat menghitamkan rambut. Caranya cukup mudah, yaitu seduh segelas teh dengan air mendidih, lalu diamkan selama satu hari. Setelah didiamkan selama satu hari, gunakan air teh tersebut untuk keramas. Lakukan paling tidak dua hari sekali.

6. Menggunakan Daun Pandanwangi

Daun pandanwangi memiliki bau yang cukup harum. Dibalik baunya yang harum ini, daun pandanwangi bisa menghitamkan rambut anda. Caranya, ambil 6 lembar daun pandawangi lalu dipotong kecil- kecil. Daun yang telah dipotong- potong tersebut kemudian direbus dalam air hingga airnya berwarna hijau. Diamkan air yang berwarna hijau tersebut selama satu hari. Setelah didiamkan selama satu hari, tambahkan perasan air buah mengkudu ke dalamnya. Gunakan air ramuan tersebut untuk keramas.

7. Menggunakan Kelapa Muda

Tidak hanya rasanya yang segar, kelapa muda juga dapat digunakan untuk menghitamkan rambut. Caranya, parut daging kelapa lalu campurkan dengan air kelapa dan sedikit garam. Kemudian campuran tersebut diperas dan diamkan sehari. Lalu gunakan air tersebut untuk keramas.


Demikianlah beberapa cara untuk menghitamkan rambut. Cukup mudah bukan? Silahkan anda coba dan semoga bermanfaat.


{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment