10 fakta Unik Suporter Indonesia

Diposkan oleh yoganso marta on Saturday, 16 February 2013


Kali ini saya akan membahas mengenai suporter dalam sepak bola, khususnya suporter Indonesia.

Memang dalam sebuah permainan sepak bola, suporter merupakan elemen yang sangat penting. Bayangkan saja jika pertandingan sepak bola tanpa ditonton oleh suporter yang datang langsung ke stadion. Pasti sepak bola akan terasa sepi. Hal seperti ini tidak jarang terjadi di Indonesia. Selain sebagai pemeriah pertandingan, suporter juga dapat menjadi pemain ke- 12 yang bisa memompa dan membakar semangat para pemain tuan rumah, sekaligus dapat meruntuhkan mental para pemain lawan. Memang, bisa dikatakan suporter dan sepak bola merupakan satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali kelompok suporter sepak bola, sebut saja The Jak, Bobotoh, Bonek, dan Aremania yang merupkan kelompok suporter terbesar di Indonesia. Ya, suporter- suporter di Indonesia sudah sangat terkenal dengan antusiasnya dalam mendukung tim kesayangan mereka dan juga keatraktifannya. 

Ok, banyak sekali fakta- fakta unik tentang suporter Indonesia. Apa sajakah? Silahkan Baca di bawah in.

10 Fakta unik suporter Indonesia :

1. Suporter Indonesia selalu menggunakan alat musik untuk mendukung tim kesayangannya, yaitu drumm- drumm yang dimainkan dengan irama yang harmoni.

2. As we know, Suporter kebanyakan mempunyai rival atau lawan atau bahasa kasarnya musuh, terutama Klub- klub besar Indonesia yang punya jumlah suporter besar.

3. Dalam menyanyikan yel- yel untuk menyemangati tim kesayangan, suporter  juga menyelipkan nyanyian yang berbau menghina kelompok suporter lain yang mereka anggap musuh.

4. Banyak suporter yang masih menggunakan helmnya sampai masuk ke stadion sambil mendukung tim kesayangan. Hem,, Sangat aneh.. Mau nonton bola atau balapan???

5. Suporter akan meneriaki wasit dengan kata- kata kotor bila wasit membuat keputusan yang salah dan merugikan tuan rumah.

6. Suporter mempunyai "sahabat", yaitu kelompok suporter lain.

7. Satu kelompok suporter yang wilayahnya berdekatan dengan kelompok suporter lain rentan atau hampir pasti terjadi gesekan.

8. Masing- masing kelompok suporter mempunyai dirijen yang akan memandu gerakan atraktif massa suporter di stadion.

9. Banyak dijumpai suporter yang berdiri / duduk di pagar tribun stadion, walaupun ia sudah membeli tiket masuk yang berarti ia bisa duduk di tempat duduk tribun stadion.

10. Jika pertandingan disiarkan secara langsung oleh stasiun tv tertentu, misalnya stasiun televisi A. Maka akan ada segelintir suporter yang membawa kertas bertuliskan terima kasih atau we love A.

Itulah tentang 10 keunikan suporter Indonesia. Memang suporter Indonesia selain sangat unik dan juga atraktif, sehingga menambah gairah sepak bola di Indonesia.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment